Beasiswa Studi di Selandia Baru

posted in: Beasiswa Negara, Scholarship TIPS | 0

New Zealand terletak di belahan bumi bagian selatan dan tetangga dekat dengan Australia. Negerinya yang indah dengan banyak gunung, danau, dan dikelilingi laut sangat mempesona turis manca negara. Negerinya yang memiliki alam yang indah menjadi incaran bagi para produser film sebagai lokasi dari film terkenal di dunia seperti Lord of the Rings dan The Hobbit.

Sudah lebih dari 1 dekade, Pemerintah New Zealand memberikan beasiswa kepada masyarakat Indonesia, yang jumlahnya cukup significant.

Bagi para peminat beasiswa ke New Zealand dapat mengakses ke situs ini   https://www.aid.govt.nz/funding-and-contracts/scholarships/eligible-countries/indonesia

Beasiswa ini disebut New Zealand ASEAN Scholarship. Program yang ditawarkan ada 4 yaitu

  1. Postgraduate Certificate untuk waktu 6 bulan,
  2. Postgraduate Diploma untuk 1 tahun,
  3. Master Degree untuk 1 – 2 tahun,
  4. PhD degree untuk 3 – 4 tahun.

Para penerima beasiswa akan mendapat pelatihan bahasa Inggris di Indonesia sebelum berangkat ke New Zealand.

Persyaratannya pelamar berumur di bawah 39 tahun, WNI, dan penerima beasiswa harus kembali ke Indonesia setelah studinya selesai.

Ada prioritas yang diberikan bagi para pelamar dari Indonesia Timur yaitu anak muda yang berasal dari propinsi NTT, NTB, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

Adapun bidang studi yang diprioritaskan adalah Agriculture Development, Renewable Energy, Disaster Risk Management, Public Sector Management, Private Sector Development, English LanguageTeaching.

Dari penjelasan di atas, ini sangat memberikan kesempatan besar bagi anak muda Indonesia khususnya daerah Indonesia Timur untuk lebih maju dalam pengembangan SDM yang berpengaruh pada kemajuan pembangunan.Indonesia.

New Zealand adalah tempat yang nyaman (dalam hal budaya, keamanan, cuaca) dan kehangatan orang New Zealand menghadapi international students untuk studi berbagai macam program studi yang sudah diakui reputasinya di dunia.

International students juga diperbolehkan bekerja (ada limitasi untuk jumlah jam bekerja per minggu), sepanjang dapat mengelola studinya dengan baik. Jadi ilmu yang diperoleh langsung dapat diaplikasikan di dunia kerja. Dapat dikatakan, program internship berjalan dengan lancar bagi international students.

Jika pelamar memenuhi persyaratan yang diminta NZ ASEAN Scholarship, segeralah mendaftar dengan mengakses situs di atas.

Lamaran biasanya ditutup di akhir bulan April. Aplikasi (hardprint) harus dikirim ke kantor PTAN (PT.Austraining Nusantara) di Jakarta.