Beasiswa Studi di Korea Selatan

posted in: Beasiswa Negara, Scholarship TIPS | 0

Korea Selatan adalah negara Asia yang sangat maju, dan bersaing ketat dengan Jepang dan Cina. Budaya seperti film, K Pop dan bahkan makanannya menjadi kegemaran anak muda di Indonesia. Kondisi ini membawa pengaruh yang positif pada anak muda Indonesia untuk bisa studi di negeri Ginseng. Pemerintah Korea Selatan memberikan beasiswa bagi international students termasuk Indonesia.

Beasiswa ini sudah cukup lama berlangsung, tetapi sekarang makin diminati anak muda Indonesia. Studi di Korea Selatan memperkaya ilmu dan pengetahuan anak muda Indonesia karena Korea Selatan memiliki teknologi yang tinggi, dan setiap international student diberikan kesempatan untuk melakukan part time job sewaktu studi sepanjang tidak mengganggu fokusnya.

Beasiswa dari Pemerintah Korea Selatan dikenal dengan singkatan KGSP (Korean Government Scholarship Program). Mulai tahun 2016, KGSP memberikan beasiswa tidak saja untuk program Pasca Sarjana (Master dan Doktoral program), juga program Diploma (Associate Degree) maupun program Bachelor untuk para lulusan SMA. Program Diploma berdurasi 2 tahun dan program Bachelor untuk 4 tahun. Beasiswa KGSP full artinya tuition fee ditanggung, penerima beasiswa mendapat living allowance and health insurance selama studi, beserta biaya studi lainnya misalnya buku, riset dan tiket perjalanan pergi ke Korea Selatan dan kembali ke Indonesia setelah studinya selesai. Bagi lulusan SMA yang berhasil menerima beasiswa KGSP untuk program Diploma dan Bachelor, sebelum memulai studinya harus mempelajari bahasa Korea di Korea Selatan selama 1 tahun. Jadi total durasi program Diploma adalah 3 tahun, dan 5 tahun untuk program Bachelor.

Untuk program Diploma, ada 5 universitas yang termasuk dalam list KGSP (dapat dilihat di situs http://www.beasiswapascasarjana.com/2015/09/beasiswa-korea-full-kgsp.html ) dan lebih dari 25 universitas dalam list KGSP. Persyaratan adalah WNI, belum pernah mendapat beasiswa dari Korea Selatan, dan ada persyaratan akademik lainnya. Jika pelamar sudah menguasai bahasa Korea ataupun Inggris, maka ada pertimbangan dari pihak KGSP. Pelamar di bidang teknik dan sains lebih disukai. Kesempatan emas ini jangan dilewatkan karena Korea Selatan telah menjadi negara yang sangat maju dalam industri mobil, komputer, smartphone dan bidang lainnya.
Setiap pelamar yang berminat harus melihat dengan akurat program studi di universitas yang dituju sesuai list dari KGSP. Silakan akses ke situs http://www.niied.go.kr/eng/contents.do?contentsNo=78&menuNo=349 atau bisa juga lihat di situs http://www.studyinkorea.go.kr/en/main.do Jika sesuai program studi dan beasiswa yang ditawarkan, silakan mendaftar ke universitas dan bisa juga konsultasi ke Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta
Aplikasi atau dokumen penting lainnya seperti surat rekomendasi dapat diserahkan ke Kedutaan Besar Korea Selatan yang beralamatkan di Jl.Gatot Subroto Kav.57, Jakarta Selatan – 12950. Untuk kontak bisa via email di koremb_in@mofa.go.kr